CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Friday 2 August 2013

Tongue Tie n Lip Tie

Hari itu, Kamis 11 Juli 2013 aku, aries n cherish mutusin pergi ke KMC. bukan tanpa alasan kenapa kita jauh2 dtg kesini. awalnya dari bbman sama temen kantor yang isinya curhatan ttg cherish yang "kenapa ya, nyusunya kok berjam2", "kenapa ya badannya gemuk tapi kenaikan BB nya per bulan masih aja kurang dikit atau pas2an", "kenapa ya payudara ini kok produksi ASI nya menurun saat diperah", "kenapa ya udah jarang bgt ngerasain payudara penuh pas masih pagi", "kenapa ya jam 2 siang payudara ini kempes pes pes..ga ada ngerasain LDR LDR lagi". Kacaubalau banget lah pikiran saat itu, soalnya udah tinggal seminggu lagi masuk kantor :(. Akhirnya si temenku itu nyuruh aku konsul ke klinik laktasi di KMC, atau klo ngga sempet panggil konselor AIMI ke rumah. well, pilihanku jatuh ke klinik laktasi KMC aja. supaya bisa konsul puas sama dokter laktasi nya. Klo AIMI IMHO yg dtg kayanya bukan dokter deh..jd kurang sreg aja sih. aku pengen masalah ini tuntas. "Iya cobain deh konsul dulu ke klinik laktasi di KMC, bagus kok. Dulu temen  aku konsul di situ akhirnya ketauan sebabnya klo anaknya tongue tie"

Tongue tie? apa itu tongue tie? mulai deh aku browsing cari tau istilah yang baru aku denger itu sekaligus browsing ttg testimoni klinik laktasi KMC. Oh itu toh ternyata yang dimaksud tongue tie. keadaan dimana selaput/ jaringan ikat di bawah lidah bayi terlalu pendek sehingga lidah bayi tidak leluasa bergerak. Aku rasa ibu2 muda jaman sekarang udah pada paham dong yaa gimana mekanisme bayi menyusu. latch on yang bener kan memerlukan performa lidah yang baik. Tongue tie itu yaa ngeri2 gimanaa gitu...soalnya klo bayinya mau menyusu dgn bagus jaringan ikat itu harud diiris aka digunting. serem ya?

Sempet terbersit kok aku jadi takut ya Cherish kena tongue tie jg. Langsung aku liat lidahnya saat itu juga. Enggak ah, panjang kok. Enggak, Cherish ngga tongue tie kok.

Sampe di klinik laktasi, waktu itu dengan Dr. X. Dokternya masih muda. But to be honest aku ngga suka sama gaya menerangkannya yang mencari2 kesalahan aku. Kita kesana mau konsultasi, bukan untuk disalahkan. 

Aku ceritain alasan apa yang bikin kita ke klinik laktasi. pertamanya ya pertanyaan itu. "kenapa payudaraku produksi ASI nya menurun". 

D : "Bayinya udah pernah kena dot? umur berapa?"
A : "Udah dok, pas umurnya 1 bulan"
D : "Kenapa dikasih dot? bukan cupfeeder?"
A : "Aku mau ngukur seberapa banyak dia minum, patokan buat aku nanti klo udah kerja. Soalnya anaknya ngga sabaran dok, pernah pas dia mau nyusu kita kasih pake cupfeeder yang ada malah keselek"
D : "Pertanyaan saya, emang bisa diukur berapa jumlah ASI yang bayi minum?"
A : Hening sambil mengernyitkan dahi. Ni dokter kok nyari2 kesalahan aku sih. Lantas ngga mau kalah, aku jawab "Oh gitu ya dok...Oh iya, pernah ada yang bilang klo ada bayi yang gamau minum asip beku karena bau besi. Nah aku mau cobain itu ke bayiku. Pikiran saat itu, klo emang dia gamau minum aku mau cari treatment lain dalam pemberian ASIP, yaitu discalding dulu. Mumpung masih sisa 1 bulan cutiku dok, jadi ngga too late"
D : "Discalding diapakan maksudnya?"---setelah dia jelasin panjang lebar klo ASI itu ngga basi (well..iya kali aku dah tau)
A : "Dipanasin ASAP setelah diperah hingga 80 dercel, pake termometer kok dok jd suhunya akurat"
D : "Ngga perlu begitu, minumin bayi tuh harus sabar"
A : "Tapi babynya emang gamau minum dok, terbukti setelah aku scalding dia mau minum"

Keburu capek dengan pembahasan scalding, aku cepet2 ganti topik. Ni dokter ngga tau scalding apa gimana ya? jelas2 di AIMI sama LLLI, kellymom ada pembahasan scalding kok.

A : "Jadi produksi ASI ku kenapa menurun ya dok?" --- udah mulai males sama dokter ini
D : "Coba aku periksa baby nya"

Daan...pas cherish diperiksa..

D : "Jelas aja bu, dua2 ada, lip tie ada, tongue tie ada"

WHAAAT :(((

D : "Coba saya mau lihat pelekatan menyusuinya"
A : Dalam hati pasti bener, kita kan udah belajar banyak dari kelas aimi.
D : "Tuh lihat, meskipun pelekatannya udah bener tapi bibir atasnya ngga dower karena pengaruh lip tie tadi"


Bagai kesamber petir disiang bolong..yang ditakutkan terjadi. Cherish tongue tie? lip tie jg? :(( 
Dokter laktasi itu merujuk untuk di insisi, tapi... :((


masa anakku mesti digunting bagian lidahnya??? ngebayanginnya aja udah ngga tega.

Dan.. langkah menjuntai pun dilanjutkan ke DSA (yang kebetulan agak jutek juga) untuk proses insisi.. tapi..entah kenapa hati menolak.

DSA : "si adek tongue tie nya tipe 3"
A      : "selain insisi ada cara lain ngga dok?"
DSA : "hmm..sebenernya insisi ini masih pro dan kontra, ada yang berhasil ada yang engga juga. Ga diinsisi resikonya cadel. Kita lihat perkembangan berat badannya saja dulu 1minggu ke depan kalau memang masih ragu"

Selesai sudah kunjungan KMC hari itu... ngga tau deh mesti bilang apa :(

ternyata selama ini :
- Cherish cepet kuning, di usia 2 hari dia udah kuning. Menurut suster cherish kurang cairan. padahal dia udah aktif nyusu sejak IMD
- Nyusu berjam2 tapi ngga kenyang2
- Kolik
- Berat badan naik pas2an
- produksi ASI menurun
- bunyi "klik klik" saat nyusu

semuanya karena tongue tie...

Sekarang udah mau 1 bulan sejak kita ke KMC tapi kita ngga balik2 lagi kesana. Males..harganya lumayan mahal tapi kok ya pelayanannya ngga sebanding. Dokter2nya bikin kita ngga nyaman.

Senin besok kita mau coba ke @drtiwi di RS Bunda, semoga mendapat pencerahan. Dr tiwi ini satu2nya dokter yang terkenal dan kebetulan kontra sama insisi. Yah..mudah2an aja tekad kita untuk ngga insisi cherish tambah kuat stelah konsul sama dr tiwi nanti. Amin...




2 comments:

  1. Gimana sis perkembangannys?

    ReplyDelete
  2. Persis seperti anak saya dan saya sedang cari alternatif lain selain diinsisi. Mohon infonya ya, trims.

    ReplyDelete