CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Monday 3 September 2012

Original Handmade MAHAR unyu

Haii... I'm back...
Mau ngelanjutin postingan Mahar sebelumnya, disini aku mau share gimana sih caranya ngakalin Mahar Mata Uang Asing yg keramat ituu...hehe.. Tanpa dilipat, ditekuk, di lem, nilai tukar pun amaan klo dirombak lagi. Sayang dokumentasi aku kurang lengkap, tapi ada beberapa part pengerjaan yang sempet aku foto..

Berdasarkan browsing & hunting buku, dapetlah suatu referensi, Mahar Boneka 3D

Mahar Boneka 3D ini pure total hasil karyaku & suami, mulai dari beli bahan sampe packing mika-nya :) Cape tapi puaass :). 

Aku selalu memanfaatkan barang2 yang ada di sekelilingku dulu, apapun itu asal bisa dikaryakan, pake!

Oke, gini nih step nya :

1.  Pilih alas buat tempat boneka nya berdiri. See? i used Charles n Keith Box :D. Ini bukan ngga modal loh yaa..tp KREATIF aka kere aktif LOL. No..no..stelah survei material, kebetulan Box ex Charles n Keith ini warnanya match sama pita yang udah aku beli, suka aja..jadi mulai deh kita kreasikan :)



2.  Bahan lain yang digunakan adalah Kain Felt/Flanel untuk bikin kepala boneka, benang wool & Dacron (sejenis kapas/busa) untuk isi kepalanya, supaya bulat & empuk. Kain Felt& wool bisa dibeli di toko buku/toko kain tertentu/toko perlengkapan menjahit. Naah..Dacronnya aku ngga tau deh beli dimana. Males nyarinya sih hehe. akhirnya..berbekal mata jeli, aku pretelin bantal kursinya mama yang udah lama ngga dipake :D *uppss sorry mom* haha... Ini foto kepala boneka wanitanya (jangan hiraukan backgroundnya yg berantakan) :p, yang laki2 ngga sempet difoto, maaf yaa..


3.  Siapkan Maharnya. Ini beberapa Euro yang mau dihias.


4.  Bagian tersulit, bikin badannya. Awas, hati2, ga boleh dilipet, gaboleh dilem apalagi sobek. Caranya, uang-uang ini cukup digulung sedemikian rupa. Trus gimana nyambungin bagian2nya? Pake selotape bening yaa..inget, selotape jangan sekali2 pake double tape apalagi dilem. It's a big No No. Aku udah coba tes, hasil direkatkan dgn selotape, pelan2 bisa dirombak lagi, asal hati aja dan uangmu aman :D
- Untuk kerangka badannya, gampang aja. Pake karton manila atau karton apapun yang agak tebal. Buat bentuk silinder untuk badannya boneka laki2 & perempuannya.
- Untuk boneka laki2, kamu perlu 2 silinder lagi untuk kedua kakinya, supaya boneka itu bisa berdiri tegak. gulung uang-uang itu untuk menutupi badan, kaki & tangan.
- Untuk boneka perempuan, gulung uang-uang itu satu persatu kemudian susun seperti rok

Ini fotonya untuk badan yang udah jadi... (lagi-lagi jangan pernah hiraukan background yg berantakan ituuu)


5. Aku tambahin beberapa aksesories untuk hiasan baju pengantinnya, mudah saja..kain brukat sisa, pita, bunga, apapun! dan ini gambar sepasang boneka pengantin yang udah jadi :)

unyu yaaa ;)
6. Sekarang waktunya menjejakkan sepasang boneka pengantin ini ke atas box tadi. Siapin juga perhiasan emasnya. Gunakan selotape untuk menguatkan boneka supaya ngga jatuh.




7. Hmm..belum puas rasanya kalo masih polos begini. Aku tambahin miniature clay & tulisan Wedding Day kita pake tinta Glass Deco di atas pita gold. Supaya tambah unyu! hehe


8.  Sekarang tinggal casing luarnya.. let my husband fix it..ukur2 n gunting2 mikaa..



AND... it's Done!



Anyone? ;)




2 comments:

  1. hi salam kenal ya. mahar na bagus..aku boleh minta buatin yang kaya gini ngga?range harga na brp? thx

    ReplyDelete
  2. hai..salam kenal jg.boleh minta email? follow twitter kita di @WeddingFla ya..
    thx

    ReplyDelete