CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Monday 26 August 2013

Marmet Vs Manual Vs Electric Double Pump Vs Electric Single Pump dan Corong Medela Vs Unimom Vs Pumpinpal Vs Corong Freestyle


Panjang banget judulnya ya? Hehe..Semuanya udah aku cobain demi mencapai hasil pumping yang masksimal. Tapi resultnya ternyata beda2 tipis, so..aku hanya bisa bersyukur, seginilah pemberian yang Allah kasih buat anakku…dan InsyaAllah cukup untuknya J

Aku bukanlah seorang WM yang hasilnya melimpah, malah boleh dibilang pas-pasan dan minim. Ada beberapa factor yang bikin hasil pumpingku mepet.
Pertama : Faktor anakku yang tongue tie
Ngaruh banget lho sama produksi ASI… Tapi aku dan suami bulat memutuskan si anak untuk tidak di insisi. Karena kita udah mantep konsul sama 2drtiwi dan kita percaya, InsyaAllah ngga akan kenapa2. Akibat anakku yang tongue tie, produksi ASI-ku pas-pasan sesuai yang dia minta. Anakku ngga terampil mengosongkan payudara krn kondisi selaput lidah yang membatasi tadi. Alhasil PD ini gampang “mrengkel” n tersumbat

Kedua : Faktor Dot
Saat aku kerja, Cherish diasuh sama nenek dan mba nya. Orangtuaku keberatan klo ngasih ASI pake media selain dot. Repot, lama, belepotan, dll. Aku kasian juga sih klo neneknya sampe kerepotan tiap ngasih susu. Akhirnya aku nurut aja untuk ngasih ASI via dot. Anak dengan tongue tie cenderung bingung puting. Menyusu langsung aja sebenernya dia agak sulit..nah begitu dikasih dot dia “keenakan”. Bener aja setelah pulang kerja aku susuin langsung nyusunya jd lepas-lepas gitu. Aku harus pumping ekstra untuk ngosongin PD lagi after Cherish nyusu

Ketiga : Faktor Mood
Ini sih gausah ditanya lagi ya..dimana hati senang pasti pumping melimpah. Sayangnya kadang aku ngga santai n to much worries hehe #DasarLabil

Dari ketiga Faktor itu, aku udah eksperimen beberapa BP dan Corong dgn harapan bisa mengosongkan PD. Ini dia yang pernah aku cobain

Breastpump Experiences
Medela Lactina
Good for a new mom. ASInya pasti keluar klo pake hospital grade BP ini. Sampe Cherish usia 1 bulan, aku sewa Lactina ini. Stelah itu ku cobain BP lain, IMHO Lactina malah kalah performa nya dgn BP Medela biasa yg bukan hospital grade
Medela Harmony
Hisapannya kuat pertama kali nyoba, tp lama2 nipple bisa menyesuaikan. Ada 2 Fase untuk mancing LDR dan Suction. Harmony ini best manual pump in my experience…

Unimom Forte #
Sudah Hospital grade dgn bentuk yg lebih unyu. Designed for double pump, hisapan kuat..dan yah..double pump slalu menghasilkan ASI dalam waktu yg lebih singkat. Kekurangannya buatku hanya tidak portable, dan corongnya kegedean..hehehe.. mungkin akan lebih maksimal klo corongnya sedikit lebih kecil

Unimom mezzo
Waktu beli unimom forte # aku juga beli manual switch kit nya, so si forte can be turn as mezzo. Klo dibandingin sama Medela Harmony, tarikannya jauh beda. Tp ternyata kluar juga ko ASI nya..pdhl kaya ngga berasa ditarik. Kekurangannya sama, corong unimom terlalu besar buatku..udah gitu gabisa dicopot2 kaya medela. Mezzo ini Avent versi murah, soalnya kit nya persis avent dgn petal silicone massagernya. Mmm..karna murah mungkin ya..jd si ASI suka nyelip2 diantara corong sama bantalan silikonnya. Tp aku blm pernah pake avent, jd ngga tau apakah yg lebih mahal selalu lebih bagus ;)

Medela Swing
Swing single pump ini lumayan enak. Punya 2 fase juga kaya Harmony. Tp pengalamanku si harmony lbh jago mancig LDR nya ketimbang swing. Portable dgn baterai dan bisa diconvert ke double pump juga. Untuk baterai aku beli lagi rechargeable batteries supaya ngga berkali2 ganti baterai AA. Penasaran sama double pump ala medela, si swing ini aku convert into double pump. Hasilnya lumayan..mempercepat, tp tetep aja kurang POL as double pump. Soalnya mesin ini kan didesign untuk single pump, wlpn dimaksimalin hisapannya mesinnya malah menderung lbh keras tanpa peningkatan hisapan yang berarti. Tapi tetep as good as well lah..

Medela Freestyle
Masih dalam tahap penyewaan. IMHO memang klo ada harga ada rupa ya :D selain double pump n cepat, si freestyle ini jago mancing LDR. Jd surr..surr.. enak..tapi sayang mahall sekalee..

Marmet
Klo dalam kondisi mood..marmet atau perah tangan ini malah menghasilkan lebih banyak lho :D tapi karna akunya labil jadi masih ganti2 antara marmet – manual or elektrik

Shield Experiences
Medela
Pertama kali aku pake corong medela ukuran M (yang biasa standar default bawaan dari BP Medela). Masih kegedean dikiit… so aku nyobain beli lagi corong medela ukuran S..hehehe… dann hasilnya lebih banyak :D

Unimom
Corongnya gede..wlpn dapet silicone petal massager yang bisa pijit2 itu pengaruhnya ga seberapa signifikan

Pumpinpal
Corong ini bentuknya unik, turun ke bawah. Gunanya nyelametin ASI klo produksi kita ada di areola bawah (kebetulan aku begitu). Pake corong medela kadang masih suka netes tp pake pumpinpal Alhamdulillah ngga netes2 lagi. Dan hasil pumping lebih banyak daripada corong2 yang lain. So this is my Best shield..

Dari sekian yang aku cobain coba Tanya hasil pumpingku berapa???
Aku pumping sehari 4 kali di kantor @rata2 100ml jd yg kubawa pulang kurleb 400ml. Tadinya aku Cuma pumping 3kali dan sangat2 ngga cukup. Fluktuatif antara 90-150ml.. tp yg paling sering 100ml. Anakku minum sehari 540ml selama ditinggal kerja.

Jadi kurang dong? Emang J
Apalagi aku kejar tayang tiap hari. Stok di freezer ngga bisa dipake karna anakku alergi susu sapi which is isi asip beku di freezer waktu aku masih minum susu menyusui
Percaya aja bahwa Allah udah mengatur semua rezeki hambanya, jadi bagaiamanapun itu pasti dicukupkan, aamiin..

Untuk mommy2 yang hasil pumpingnya mepet2 kaya aku,  yuk semangat..InsyaAllah anak kita selalu dicukupkan oleh-Nya..

No comments:

Post a Comment